Pages

Tips Belajar Bahasa Inggris Dari Pengalaman

Apa saja sih yang dipelajari dalam Bahasa Inggris pada tingkat SMP dan SMA pada saat saya masih sekolah? Saya diajari Greetings, Reading, Structure, Tenses, dan Vocabulary. Namun karena saya agak pemalu dan juga lebih senang bermain daripada belajar yah akibatnya sangat terasa setelah saya akan menggunakan bahasa asing ini untuk mendapatkan uang tambahan dari internet.

Saat masih duduk di bangku SMP, dan SMA saya tidak tekun dalam belajar bahasa asing ini. Padahal jika kita tekun dan rajin belajar pasti tidak ada kata yang sulit. Meskipun pemahaman kita sangat terbatas tetapi karena kita mempunyai ketekunan yang ulet, maka segala upaya akan mejadikan segala kesulitan menjadi kemudahan.

Nah, sebelum memberikan tips cara belajar bahasa inggris yang baik. Ada sebuah pengalaman menarik saya dengan orang Amerika yang perlu Anda baca. Pengalaman ini saya alami karena saya nekat membuat blog gambar hidup dalam versi inggris.


Apabila teringat pengalaman ini saya jadi malu, karena gara-gara tenses bahasa inggris berantakan saya ditertawakan oleh seorang Amerika yang bernama Thomas. Dia berkata bahwa kalimat-kalimat bahasa inggrisku sedikit kacau. Menaggapi pesan tersebut saya langsung membalas dengan pesan mohon maaf karena saya telah membuat tulisan bahasa inggris yang tidak dapat dipahami. Namun selang beberapa menit ia segera menjawab bahwa artikelnya bagus dan dia dapat memahami apa yang telah saya tulis. Masalahnya hanya terletak pada penggunaan tenses yang kurang tepat.

Dari pengalaman memalukan ini saya ingin agar Anda tidak mengalami hal yang sama. Tips ini tidak murni dari hasil jerih payah otak saya lo. Ini hanya tips yang pernah saya dengar dari seorang yang mempunyai Score TOEFL di atas 500. Tapi saya kira mungkin ini juga dapat bermanfaat bagi Anda pengunjung blog setia Gambar Hidup.

Berikut Tips yang akan saya bagikan:
  1. Sering menonton film barat yang menggunakan bahas inggris.
  2. Baca koran, majalah, atau artikel yang Anda suka dalam bahasa inggris
  3. Segera catat jika menemukan kosa kata baru
  4. Sering mendengarkan siaran Radio BBC London
  5. Kunjungi situs-situs internet yang menyediakan Podcast percakapan (Conversation) bahasa inggris yang dapat di download
  6. Belajar menulis dalam bahasa inggris. Sebaiknya menggunakan media Blog sehingga kita langsung mendapatkan umpan balik dari pengunjung. Memang resikonya memalukan seperti yang saya alami. Tapi untuk belajar gaka masalah kok.
  7. Berlatih bercakap-cakap dalam bahasa inggris.
Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi Anda!

Sumber: http://gambarhidup.blogspot.com

No comments: